Topik kali ini adalah kita akan membahas Webometrics. Apa itu Webometrics?
Webometrics merupakan lembaga dalam memberikan penilaian suatu kemajuan Universitas yang ada di dunia, dan Indonesia termasuk salah satu yang mengakui kehadiran Webometrics ini. Webometrics dapat diakses di www.webometrics.info
Peringkatan Universitas dimulai pada tahun 2004. Peringkatan didasarkan pada konten, visual, dan dampak publikasi web dari jumlah link yang diterima. Berdasarkan Wikipedia, Webometrics melakukan peringkatan pada bulan Januari dan Juli.
Indikator yang dugunakan Webometric sebagai berikut:
1. Excellence (15%) jumlah artikel-artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang bersangkutan yang terindeks di Scimago Institution Ranking (2003-2014) dan di Google Scholar(2007-2014)
2. Presence (20%) adalah jumlah halaman dan halaman dinamik yang tertangkap oleh mesin pencari (google) tidak termasuk rich files.
3. Impact (15%) merupakan jumlah eksternal link yang unik (jumlah backlink) yang diterima oleh domain web universitas (inlinks) yang tertankap oleh mesin pencari(google)
4. Openness (15%) merupakan jumlah file dokumen yang online/open dibawah domain suatu website Universitas.
Sejak post ini dibuat, berikut adalah daftar Universitas dengan peringkat dari yang tertinggi di Webometrics:
Webometrics merupakan lembaga dalam memberikan penilaian suatu kemajuan Universitas yang ada di dunia, dan Indonesia termasuk salah satu yang mengakui kehadiran Webometrics ini. Webometrics dapat diakses di www.webometrics.info
Peringkatan Universitas dimulai pada tahun 2004. Peringkatan didasarkan pada konten, visual, dan dampak publikasi web dari jumlah link yang diterima. Berdasarkan Wikipedia, Webometrics melakukan peringkatan pada bulan Januari dan Juli.
Indikator yang dugunakan Webometric sebagai berikut:
1. Excellence (15%) jumlah artikel-artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang bersangkutan yang terindeks di Scimago Institution Ranking (2003-2014) dan di Google Scholar(2007-2014)
2. Presence (20%) adalah jumlah halaman dan halaman dinamik yang tertangkap oleh mesin pencari (google) tidak termasuk rich files.
3. Impact (15%) merupakan jumlah eksternal link yang unik (jumlah backlink) yang diterima oleh domain web universitas (inlinks) yang tertankap oleh mesin pencari(google)
4. Openness (15%) merupakan jumlah file dokumen yang online/open dibawah domain suatu website Universitas.
Sejak post ini dibuat, berikut adalah daftar Universitas dengan peringkat dari yang tertinggi di Webometrics:
Yak, kiranya cukup sekian mengenai Webometrics. Sampai bertemu di artikel berikutnya!
Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Peringkat_Universitas_Dunia_Webometrics
Comments
Post a Comment