Skip to main content

Permainan SUM di Java

Halo semuanya!

Udah lama gue ga ngeblog. Udh sejak November, karena waktu itu gue sibuk belajar buat UAS dan sekarang sibuk liburan. Gue ga kepikiran bakal buka blog lagi, sampe hari ini gue ngecek email.

Jadi, beberapa hari yang lalu, temen gue sedang kesulitan. Dia ngechat di line:
"Den, bisa java ga?" 
Tentu saja bisa walaupun tidak terlalu menguasai. Gue langsung jawab bisa dan ternyata dia punya PR Java. Dia udah email dari hari Selasa, tapi gue pelupa. Lupa dikirim codingannya. Alhasil pas gue buka email hari ini... "ASTAGA". Gue minta maaf tuh sama dia, tapi untungnya udah kelar duluan. Maafin ya, Git...

Ehm anyway, daripada gue pinter sendiri gue mau berbagi hasil coding-an gue. Perlu diketahui coding-an ini logika gue, jadi implementasi tiap orang beda. Tapi udah gue test tiap soal, hasilnya sesuai. Jadi silahkan!

Soal:
1.1
Tentukan sum dari 1+2+3+..+300!
Tentukan sum dari 1^2+2^2+3^2+...400^2

1.2 Tentukan Sum dari 1x2 + 2x3 + 3x4 + ... + 249x250

1.3 Buatlah faktorial N! (1 x 2 x 3 x ... x N)

1.4 Berapa N pada 1+2+3+...+N untuk mencapai sum melebihi satu juta?

Yuk kita intip kode javanya:
public class Homework {
    public static void main(String[] args) {
        System.out.println("Selamat datang di program Denny! \n");
        //Nomor 1.1
        //Tentukan sum dari 1+2+3+..+300!
        //Tentukan sum dari 1^2+2^2+3^2+...400^2
        int hasil = 0;
        for(int i = 1; i <= 300; i++) {
            hasil = hasil+i;
        }
        System.out.println("1. Hasil dari 1+2+3+..+300 = " +hasil);
        hasil = 0;
        for(int j =1; j <= 400; j++) {
            int pangkat = j*j;
            hasil = hasil+pangkat;
        }
        System.out.println("   Hasil dari 1^2+2^2+3^2+...+400^2 = " +hasil);
        //Nomor 1.2
        //Tentukan Sum dari 1.2 + 2.3 + 3.4 + ... + 249.250
        hasil = 0;
        for (int n = 1; n <= 249; n++) {
            hasil = hasil + (n*(n+1));          
        }
        System.out.println("2. Sum dari 1.2 + 2.3 + 3.4 + ... +245.250 = " + hasil);
        //Nomor 1.3
        //Buatlah faktorial N! (1 x 2 x 3 x ... x N)
        //Ganti i <= 6 dengan i <= N dimana N adalah bilangan sembarang
        hasil = 1;
        for (int i=1; i<= 6; i++) { hasil *= i; }
        System.out.println("3. Faktorial dari 6 adalah = " +hasil);
        //Nomor 1.4
        //Berapa N pada 1+2+3+...+n untuk mencapai satu juta?
        hasil = 0;
        int l = 1;
        do {
            hasil = hasil + l;
            l = l+1;
        }
        while(hasil < 1000000);
        System.out.println("4. Batas max bilangan yang dijumlahkan (Di SUM) untuk melebihi 1.000.000 adalah sebanyak = " +(l-1));
}
}

Yak kira-kira seperti itu. Apabila ada cara lain/kesalahan gue, leave comments BELOW.

Thank you guys for reading, stay tuned!

Comments

Popular posts from this blog

Masalah Pokok Dalam Sistem Nilai Budaya

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang masalah-masalah pokok yang terdapat dalam Sistem Nilai Budaya. Pada dasarnya, Sistem Nilai Budaya merupakan sistem nilai- nilai yang disepakati dan tertanam dalam suatu masyarakat yang mengakar pada suatu kebiasaan, kepercayaan (believe), dengan karakteristik tertentu yang berbeda-beda untuk acuan perilaku. [1] Sistem Nilai Budaya memiliki 5 masalah pokok menurut Kluckhohn dalam Pelly (1994), yaitu: 1. Hakekat hidup 2. Hakekat kerja atau karya manusia 3. Hakekat kedudukan manusia dalam ruang dan waktu 4. Hakekat hubungan manusia dengan alam sekitar 5. Hakekat dari hubungan manusia dengan manusia sesamanya. 1. Hakekat Hidup Masyarakat dipengaruhi oleh kebudayaan-kebudayaan dalam memahami arti dari hidup.Sebagai contoh dalam Buddha, hidup itu buruk dan manusia harus mencapai Nirvana. Hal ini mempengaruhi pola pikir masyarakat dalam menjalani kehidupannya. Namun, banyak kebudayaan yang menganggap hidup itu baik. Jadi, variasi

Membuat Animasi Stickman Menggunakan Macromedia Flash 8

Membuat animasi Stickman menggunakan Macromedia Flash 8 Baiklah pada postingan kali ini kita akan membuat animasi sederhana stickman menggunakan aplikasi macromedia flash 8 : Sudah pernah memainkan game animasi stickman sebelumnya? Nah sekarang kita akan membuat animasi stickman yang serupa seperti pada game tersebut. Aplikasi yang kita gunakan disini adalah macromedia flash 8. Langsung saja yaa kita akan membuat animasi stickman step by step Pertama kita perlu menggambar karakter stickman sebagai karakter utama dalam animasi ini : Setelah kita membuat karakter stickman pada layer satu di posisi frame satu, klik kanan pada frame 2 dan klik insert blank keyframe. Kemudian sesuai dengan gambar ada 2 buah tombol onion skin, ada onion skin dan onion skin outlines. Kita akan pakai onion skin outlines :        Selanjutnya setelah mengklik tombol onion skin outlines, klik modify onion markers dan pilih show onion all                   Secara o

Mediatek dan Qualcomm, Manakah Processor yang Lebih Baik?

Tahun 2015, hampir seluruh orang di muka bumi menggunakan smartphone Android. Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat seluler layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet . Seperti halnya dengan komputer, smartphone Android menggunakan berbagai macam komponen seperti komponen layar, Graphic Processing Unit, Processor, dan sebagainya. Untuk saat ini, pokok bahasan kita adalah: Processor. Processor merupakan salah satu komponen utama dalam sebuah smartphone. Biasanya, vendor pembuat smartphone membuat sebuah produk menggunakan processor yang dibuat oleh perusahaan lain, seperti Qualcomm dan Mediatek. Namun, semakin zaman berkembang, vendor kini pun ikut serta dalam membuat processor masing-masing. Yang perlu kita ketahui adalah nama perusahaan dengan nama procesor yang mereka produksi. Qualcomm mengunakan nama Snapdragon procesor Mediatek mengunakan nama MTxxxx Huawei mengunakan nama Kirin LG mengunakan nama Nuclun Samsung men